lampu jalan solar cell all in one Tenaga Surya

Macam-Macam dan Harga Solar Cell untuk Rumah Tangga


Solar cell menjadi salah satu barang yang penting bagi masyarakat sekarang ini, karena selain efisien, penerapan teknologi solar cell juga dapat diterapkan ke dalam beberapa aspek kehidupan sehari-hari diantaranya sebagai energi untuk lampu penerangan jalan umum atau yang lebih dikenal dengan PJU. PJU juga memiliki berbagai macam varian diantaranya dalah lampu jalan solar cell all in one. Sebelum mengetahui harga solar cell untuk rumah tangga ada baiknya Anda mengetahui macam-macam solar cell terlebih dahulu agar tidak bingung saat akan membelinya nanti.

Apa Itu Solar Cell?

Solar cell adalah serangkaian panel surya yang berguna untuk mengkonversikan cahaya matahari menjadi energi listrik.

Macam-Macam Solar Cell

  • Monocrystalline.

Adalah solar cell yang terbuat dari kristal silikon yang dipotong tipis. Keefisienannya mencapai 20% dan merupakan jenis solar cell yang paling bagus jika dibandingkan dengan solar cell yang lain.

Solar cell jenis monocyrstalline memiliki harga yang paling mahal dibandingkan jenis yang lain. Hal itu karena mahalnya harga kristal silikon, sulitnya pembuatan solar cell menggunakan kristal silikon serta canggihnya teknologi yang digunakan membuat proses produksi solar cell ini membutuhkan banyak biaya sehingga harga jualnya menjadi tinggi.

  • Polycrystalline

Jenis solar cell ini juga terbuat dari kristal silikon, hanya saja cara pembuatannya bukan dipotong tipis-tipis melainkan dilelehkan/dilebur lalu dicetak dengan cetakan berbentuk persegi.

Kristal silikon yang digunakan dalam pembuatan solar cell ini tidak sepenuhnya murni, sehingga kinerjanya tidak semaksimal jenis monocyrstalline. Jika dihitung dengan persen, maka efisiensi dari kinerja solar cell ini hanya mencapai 15% saja.

Namun, meski tidak semaksimal monocrystalline, solar cell polycrystalline memiliki harga yang lebih murah dibandingkan monocrystalline. Sehingga solar cell jenis ini banyak digunakan di Indonesia khususnya untuk kebutuhan rumah tangga.

  • Thin Film Solar

Solar cell ini merupakan panel surya generasi kedua. Bahan dasarnya terdiri dari beberapa lapisan-lapisan yang tipis sepertik kac, logam atau plastik.

Ketebalannya macam-macam mulai dari nanometer hingga puluhan mikrometer. Ketebalannya itu menjadikan solar cell jenis ini tampak sangat tipis.

Hingga saat ini, panel surya jenis Thin Film Solar ini baru digunakan pada kalkulator dan jam tangan saja. Namun kemungkinan suatu saat solar cell ini juga akan dimanfaatkan untuk sumber energi listrik cadangan di rumah-rumah dan perkantoran mengingat harga produksinya yang murah.

Kelebihan Solar Cell

  • Harganya lebih murah dibandingkan genset.
  • Tidak menyebabkan polusi udara dan suara, tidak seperti genset.
  • Ukurannya bermacam-macam, ada yang lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan genset
  • Pemasangan dan perawatannya mudah

Kekurangan Solar Cell

  • Beberapa solar cell tidak dapat bekerja secara maksimal untuk menghasilkan energi.
  • Solar cell dengan daya yang besar harganya bisa mencapai belasan juta
  • Jika daya habis dan cuaca mendung, maka baterai solar cell tidak dapat terisi dan tidak dapat diganti dengan bahan bakar minyak (solar atau bensin)

Harga Solar Cell di Indonesia

Harga solar cell untuk rumah tangga di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Untuk panelnya saja mulai dari 200 ribu rupiah
  • Untuk controller-nya dipatok mulai dari 80 ribu rupiah
  • Sementara kabel solar cell untuk rumah tangga dipatok mulai dari 100 ribu rupiah (tergantung panjang kabelnya)

Harga solar cell untuk rumah tangga tersebut tentunya berbeda-beda tergantung merk dan spesifikasi yang dimilikinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *